Rabu, 26 September 2012

Penyebab Maloklusi



Faktor Penyebab

Gigi yang tidak teratur, maju ke depan biasa disebut maloklusi. Ada beberapa penyebab yang membuat gigi tumbuh tak teratur atau maju ke depan



Faktor genetik.
Misalnya si bapak mempunyai rahang yang besar dengan gigi-gigi yang besar, sedangkan si ibu mempunyai rahang yang kecil dengan gigi-gigi yang kecil pula, mempunyai anak dengan rahang yang meniru rahang ibu dan gigi yang meniru gigi bapak. Hal ini dapat menyebabkan gigi berdesakan, atau sebaliknya si anak meniru rahang bapak dan gigi yang meniru gigi ibu, maka susunan giginya akan terlihat renggang
Faktor skeletal.
Faktor skeletal yaitu bentuk tulang di rahang atas dan rahang bawah yang mempengaruhi bentuk wajah, seperti bentuk rahang atas yang menonjol ke depan sehingga gigi-gigi tampak maju dan bentuk wajah menjadi cembung. Atau sebaliknya rahang bawah yang lebih pesat pertumbuhannya dibandingkan rahang atas, sehingga bentuk wajah menjadi cekung, dan terjadi gigitan terbalik (gigi depan terletak di belakang gigi bawah)
Kebiasaan Buruk, sering terjadi pada masa pertumbuhan

Menghisap jari, biasanya jempol atau pulpen, pensil, dll. Hal ini akan menyebabkan gigi maju pada bagian depan atau protrusi.
Kebiasaan meletakkan lidah di antara gigi rahang atas dan gigi rahang bawah. Efeknya pada gigi adalah gigi depan akan maju dan renggang.
Kebiasaan ngedot yang sulit dihentikan, misalnya sampai usia Sekolah Dasar.
Kebiasaan bernafas melalui mulut dan cara menelan yang salah.
Pencabutan atau kehilangan gigi terlalu dini/prematur
Kerusakan gigi yang luas pada masa anak-anak (karies rampan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar